Minggu, 17 Maret 2024

Camat Antapani hadiri Pelantikan Pengurus DKM Al-Muhajirin RW-10 Ankid




Camat Antapani, Ketua MUI dan Ketua KUA Antapani,
Lurah Ankid, Sekretaris MUI dan Pak RW-10 berfoto bersama
Pengurus DKM Lama dan Baru serta Ibu-Ibu Pengajian


Ketua MUI Antapani H. Abdullah Abubakar
didampingi Ketua KUA Antapani H. Suhendi berkenan melantik
Pengurus Inti DKM Al-Muhajirin yakni Ketua DKM: A. Hasan Munawar (Tengah),
Sekretaris DKM: Rusyana (Kiri) dan Bendahara: Aris Darmawati (Kanan)


Saya mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus DKM Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul Masa Bhakti 2024-2027. Selamat bekerja semoga dapat melayani jamaah warga RW-10 dan jamaah sekitarnya dengan baik dan penuh keikhlasan.

Demikian ucapan Camat Antapani, Rachmawati Mulia, pada Pelantikan Pengurus DKM Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul yang berlangsung di Masjid Al-Muhajirin, Jum'at (15/03/24).

Menurut Rachmawati, Pengurus DKM dan Pengurus RW itu pada hakekatnya tidak ada perbedaan. Karena sama-sama dalam memberikan pelayanan kepada warga dan jama'ah di lingkungan RW-10. Apalagi RW-10 sebagai pemilik wilayah dan wakil pemerintah, maka jika terjadi persoalan apapun haruslah senantiasa berembuk untuk bermusyawarah dengan baik.

Saya harapkan Pengurus DKM tak hanya dalam menggalang para jamaah di RW-10 dan sekitarnya dalam rangka memakmurkan  masjid, namun juga dapat berperan sebagai Pusat kegiatan sosial dan budaya. Oleh karena itu keberadaan DKM diharapkan juga mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan baik bersama-sama dengan MUI, KUA, Kelurahan dan Pengurus RW setempat. Dengan demikian akan tercipta kondisi Super Tim tidak hanya di lingkungan internal pengurus, namun juga dalam arti yang lebih luas.

Ketua MUI Antapani H. Abdullah Abubakar dan Ketua KUA Antapani H. Suhendi menyampaikan ucapan senada bahwa keberadaan DKM itu sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada jamaah dan warga RW setempat. Karena itu Pengurus DKM dalam kapasitas sebagai pembina umat muslim dapat bekerja dengan baik dengan semata-mata untuk mendapatkan pahala dan ridho Allah Subhanahu Wata'ala.

Sementara Ketua RW-10, Drs. H, Dede Amar, M.MPd, selain memberikan ucapan selamat juga menyampaikan sebuah konsep yang dapat dijadikan pegangan Pengurus DKM Al-Muhajirin melalui akronim ADAB yakni: Amanah, Disiplin, Antusias dan Bersama. Jika ADAB sudah dapat dilaksanakan dengan baik maka sudah selesai persoalan. Setiap persoalan yang muncul haruslah segera dapat diselesaikan dengan tuntas sukses dan tanpa ekses. Jangan dibiarkan berlarut-larut yang justru akan memperdalam persoalan.

Selain itu, kata Kang Damar, bahwa yang namanya jama'ah itu bukan saja yang terakumulasi di masjid, tapi juga termasuk seluruh warga RW-10. Mereka semua juga perlu mendapat perhatian dan pembinaan yang baik sehingga warga juga akan memiliki rasa memiliki terhadap keberadaan masjid Al-Muhajirin dan bersyukur apabila selanjutnya dapat turut memakmurkan masjid.

Susunan Pengurus DKM Al-Muhajirni Masa Bhkati 2024-2027

1. Dewan Penasehat : Sigit Tjiptono, Mumu Romli, Ketua RW-10, Bambang Permadi dan 
    Heykal Sya'ban.
2. Ketua               : A. Hasan Munawar
3. Wk. Ketua      : Mukhlis Effendi
4. Sekretaris I    : Rusyana
5. Sekretaris II  : Rudi Rohmana
6. Bendahara     : Aris Darmawati
7. Bidang Peribadatan dan Dakwah : Sunarto (Ketua)
8. Bidang ZIS    : Iwan Mulyawan (Ketua)
9. Bidang Perencanaan dan Pengamanan Aset : Syahrizal (Ketua)
10, Bidang Perpustakaan : Saepudin (Ketua)
11. Bidang Remaja Masjid : Muhammad Alif Afriza (Ketua)
12. Bidang Sosial : Sopro Sopy (Ketua)
13. Bidang Humas dan Media : Nana Suryana (Ketua)
14. Bidang Pemulasaraan : Achmad Zaenudin (Ketua)

Catatan: Untuk Anggota Bidang selengkapnya ada di dokumen SK Pengurus DKM terlampir.


Apa kata Pengurus Lama dan Baru

Ketua DKM Terpilih A. Hasan Munawar mengatakan bahwa menerima amanat sebagai Ketua Pengurus DKM memang cukup berat. Terutama sebagai organisasi sosial-agama tentunya dalam menjalankan roda kepengurusannya mendapat tuntutan untuk menerapkan manajemen modern. Bahkan dalam implementasinya harus menjaga nilai syar'i dan spiritual yang nyaman yang dapat diterima oleh semua jama'ah.

Namun yang membanggakan kami, lanjut Hasan, bahwa roda kepengurusan ini telah dibekali dengan modal yang sangat besar. Terutama lingkungan RW-10 yang aman, nyaman dan kondusif serta Kepengurusan DKM sebelumnya yang baik pula. Setidaknya DKM Al-Muhajirin telah mampu meletakan dasar-dasar manajemen modern, program-program yang variatif dan berkelas, serta bangunan fisik yang boleh dibilang cukup megah. Bahkan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup menunjang operasional. Serta yang tidak kalah pentingnya persatuan jama'ah yang solid, tidak terpecah belah walaupun ada perbedaan secara khilafiah. Dengan demikian kami pengurus baru tinggal melanjutkan program dan mengembangkan program yang lebih ideal lagi.

Sementara Pengurus DKM Lama Masa Bhakti 2020-2023, Sigit Tjiptono, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh Pengurus Lama yang telah bekerjasama dengan baik sebagai Super Tim sehingga roda organisasi dapat berjalan sesuai dengan trek yang benar sesuai  dengan yang diharapkan.

Kepada Pengurus DKM Baru pihaknya berpesan agar seluruh anggota tim pengurus baru dapat berkontribusi secara optimal dan tentunya harus lebih baik dari Pengurus sebelumnya. "Selamat berjihad saudaraku. Barakallahu Fiikum. Allah swt selalu bersama kita yang Insyaallah bersama orang-orang yang beriman," kata Sigit melalui WAG Pengurus.

Akhirnya, acara yang dipandu Nana Suryana ini selesai dan berjalan dengan  lancar selama sekitar dua jam. Menurut Ketua Penitia Pemilihan Ketua DKM Al-Muhajirin, Mukhlis Effendi, bahwa proses pemilihan telah berjalan sesuai dengan kebijakan yang telah digariskan berdasarkan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan sampai menghasilkan terpilihnya Ketua DKM yang baru.
"Kami atas nama Panitia Pemilihan dan Panita Pelantikan mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para pejabat publik terkait yang telah turut mensukseskan seluruh rangkaian acara, Jazakumullahu khairan katsiro," tandasnya. 
(//humas-media/dkm/nana/ibnu/dedi/03/24).



Ketua DKM menyerahkan cenderamata
kepada para tamu undangan


Camat Antapani, Rachmawati Mulia, turut
bersyukur atas Dilantiknya Pengurus DKM Baru



Pegang teguh lah ADAB (Amanah, Disiplin,
Antusias, Bersama (Super Tim) maka persoalan
selesai sukses tanpa ekses




Serahterima Kepengurusan dari Ketua DKM Lama
(Sigit Tjiptono) kepada Ketua DKM Baru (Hasan Munawar)


Prosesi Pelantikan oleh Ketua MUI dan KUA Antapani
kepada Pengurus Inti




Ketua KUA Antapani H. Suhendi
membacakan SK Bersama MUI dan KUA
Antapani Pengurus DKM Al-Muhajirin
RW-10 Antapani Kidul Antapani.


Berikut adalah Susunan Lengkap Pengurus
DKM Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul
Antapani Kota Bandung Masa Bhakti 2024-2027:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ust. Roni: "Ada Apa Negeri Berkekayaan Alam Melimpah Ruah, tapi Kesulitan Ekonomi Kian Menggurita."

Ketua DKM Al-Muhajirin yang baru: Ir. A. Hasan Munawar Catatan Redaksi: Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Al-Muhajirin RW-10 An...