Sabtu, 13 April 2024

Ust. Roni: "Ada Apa Negeri Berkekayaan Alam Melimpah Ruah, tapi Kesulitan Ekonomi Kian Menggurita."

Ketua DKM Al-Muhajirin yang baru:
Ir. A. Hasan Munawar

Catatan Redaksi: Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul, Antapani, Kota Bandung telah berlangsung dengan tertib dan khidmat. Adapun yang bertindak sebagai Imam/Khotib adalah Ust. Roni Abu Salim, S.Pd.I, SH, MH. Berikut sambutan dari Ketua DKM, Ketua RW-10 dan petikan khutbah. Selamat menyimak...!!

Dalam sambutannya Ketua DKM Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul, Antapani Kota Bandung, Hasan Munawar, menyampaikan beberapa program Ramadhan yang telah menjadi agenda rutin tahunan DKM Al-Muhajirin seperti kegiatan kultum dan tarawih, itikaf, shalat malam, pesantren kilat anak-anak, pengumpulan dan penyaluran ZIS (Zakat, Infak, Shodaqoh) dan pada puncaknya pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

Ketua DKM menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan turut  menyukseskan kegiatan Ramadhan termasuk kepada seluruh jamaah warga RW-10 yang telah menitipkan zakat fitrahnya di DKM Al-Muhajirin. "Saya atas nama Ketua DKM dan Seluruh Pantia Ramadhan 1445 H, menyampaikan terima kasih dan permohanan maaf yang sedalam-dalamnya sekiranya dalam pelayanan kami kepada jama'ah masih kurang optimal dan  sempurna," tandasnya.

Terkait hasil penitipan zakat, Ketua Panitia Idul Fitri 1445 H yang juga Ketua DKM, Hasan Munawar, melaporkan hasil perolehan sebagai berikut:

- Zakat Fitrah : Rp 26.900.000,-
- Zakat Mal : Rp 27.140.000,-
- Infak : Rp 10.640.000,-
- Fidyah : Rp 2.390.000,-

TORAL : Rp 67.070.009,- (enam puluh tujuh juta tujuh puluh ribu sembilan rupiah).

Penitipan zakat dalam bentuk beras diperoleh sebanyak 280 kg.

Jumlah Muzakki (orang yang menunaikan zakat) pada tahun ini  mencapai 776 orang.

Hasil kotak infak pada saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri mencapai Rp 7.700.000,- (Tujuh juta tujuh ratus ribu rupiah).

Jumlah jama'ah yang menghadiri Sholat Ied sekira 450 orang.


Ketua RW-10 Antapani Kidul, Drs. H. Dede Amar, M.MPd.
"Waspada dan Jaga Keamanan Rumah dan Lingkungan"

Turut memberikan sambutan Ketua RW-10 Antapani Kidul, Drs. H. Dede Amar. Dalam pesannya beliau mengingatkan untuk senantiasa waspada dalam menjaga kemanan di rumah dan lingkungan kita masing-masing, terutama bagi yang meninggalkan rumah atau melaksanakan mudik.

Selain itu dalam bulan Mei mendatang Kepengurusan RW-10 telah mengahiri masa bhaktinya selama tiga tahun. Untuk selanjutnya akan dilakukan pemilihan Pengurus RW dan RT yang baru. Untuk itu mohon partisipasi warga RW-10 untuk turut menyukseskannya dan diharapkan tidak ada warga yang menolak apabila terpilih dan mendapat kepercayaan untuk menjadi pengurus.

Pada kesempatan itu juga Dede Amar menyampaikan ucapan selamat kepada para Pengurus Baru DKM Al-Muhajirn Masa Bhakti 2024-2027. Selamat bekerja semoga senantiasa mendapat keberkahan dan  bimbingan Allah Subhanahu Wata'ala serta ucapan terima kasih kepada pengurus lama yang telah menyelesaikan masa bhaktinya.

Imam/Khutbah disampaikan oleh:
Ust. Roni Abu Salim, S.Pd.I, SH, MH 

Sementara Ust. Roni Abu Salim, S.Pd.I, SH, MH dalam khutbahnya menyampaikan kondisi saat ini di dunia dan di dalam negeri. "Peristiwa demi peristiwa terjadi dalam hidup ini di dunia maupun di dalam negeri, kita menjadi saksi betapa rumitnya hidup apabila tanpa diterangi cahaya syariat Allah.

Marilah kita tengok kedalam negeri kita hari ini. Kriminalitas merajalela dimana-mana; perampokan, pembunuhan, perjudian, perzinahan, bahkan iklan dan ajakan kepada perilakun maksiat itu sudah kian terangan-terangan di media online. Tidak terkecuali maraknya info seputar judi online, prostitusi online, penipuan online, dll.

Sementara itu, lanjut Ust. Roni, kesempitan hidup menjerat dan melilit membuat banyak orang bermata gelap hingga harus menempuh segala cara untuk mempertahankan hidup, kadang tidak perduli lagi antara yang halal dan yang haram. Negeri yang kekayaan alamnya melimpah ruah ini, ternyata masih mengalami kesulitan ekonomi kian menggurita, ada apa ini?

Ada baiknya kita merenungi firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikut ini : “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. (QS Thaha: 123-124)

Saat ini pula, lanjutnya, kekuatan-kekuatan jahat yang memusuhi agama yang mulia ini demikian nampak jelas dan kasat mata, usaha pemurtadan yang berjalan terus mengerogoti umat, hingga hari demi hari tanpa kita sadari ternyata jumlah kita semakin berkurang.

"Kekuatan-kekuatan jahat yang hendak merusak negeri ini juga tampil tanpa tedeng aling-aling…diperankan oleh kacung-kacungnya tanpa rasa malu. Hari ini pejabat yang jujur dan pemimpin yang adil adalah sepotong jarum ditumpukan jerami," tandasnya.

Semua itu, lanjutnya, semakin tidak karuan ditambah dengan semakin merebaknya dekadensi moral dan tergerusnya akhlak terutama di kalangan generasi muda yang sesungguhnya menjadi tumpuan harapan di masa depan, Wallahul Musta’an.



(Tim Humas-Media//DKM Almuhajirin//nana-dedi-ibnu-rudi)

Berikut foto dokumentasi Shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Belakang Masjid Al-Muhajirin.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ust. Roni: "Ada Apa Negeri Berkekayaan Alam Melimpah Ruah, tapi Kesulitan Ekonomi Kian Menggurita."

Ketua DKM Al-Muhajirin yang baru: Ir. A. Hasan Munawar Catatan Redaksi: Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Al-Muhajirin RW-10 An...